PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, KEPADATAN PENDUDUK, PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN TERHADAP TINGKAT KRIMINALITAS DI PROVINSI BENGKULU

Stephanus, Franta Anditatama and Septriani, Septriani and Bertha, Iin Esti Indraswanti (2024) PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, KEPADATAN PENDUDUK, PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN TERHADAP TINGKAT KRIMINALITAS DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
BEBAS PERPUS STEPHANUS FRANTA ANDITATAMA-C1A018047 - stephanus franta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan ekonomi ialah sebuah pekerjaan yang selalu diupayakan oleh semua negara di dunia, tiada terkecuali di Indonesia yang memiliki 38 provinsi dan Bengkulu salah satu provinsi tersebut. Berbagai masalah muncul dalam pengupayaan pertumbuhan perekonomian. Kemiskinan, pengangguran dan kriminalitas tak lepas dari perbincangan hebat setiap waktu. Dalam hal ini, kriminalitas medapatkan perhatian khusus dan menjadi ujung masalah, sebab akibat dari kriminalitas melebar ke bidang-bidang lain, yakni mengusik pertumbuhan ekonomi. Kemudian kejadian kriminalitas dipandang hal yang sangat berbahaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, kepadatan penduduk, pengangguran dan kemiskinan terhadap tingkat kriminalitas di Provinsi Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan ialah regresi data panel. Tahap pertama dengan melakukan pemilihan model dalam penelitian melalui Uji Chow, Uji Hausman, dan Uji Lagranger Multiplier. Kemudian didapatkan hasil model yang terpilih ialah Regresi Fixed Effect Model. Kemudian dilakukan uji hipotesis yakni Uji F, Uji T, dan Uji Determinan (R-Square). Setelah itu dilakukan uji asumsi klasik yakni multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data sekunder. Data sekunder dari tahun 2017-2022 diperoleh melalui Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu, melalui regresi Fixed Effect Model didapatkan bahwa Pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kriminalitas di Provinsi Bengkulu. Kepadatan penduduk berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap kriminalitas di Provinsi Bengkulu. Pengangguran tidak berpengaruh terhadap kriminalitas di Provinsi Bengkulu. Kemiskinan tidak berpengaruh terhadap kriminalitas di Provinsi Bengkulu. Saran yang diberikan ialah pemerintah dapat menekan tindak kriminalitas dengan mengimplementasikan program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan kewirausahaan, bantuan pembiayaan, dan dukungan sosial sehingga dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Meningkatkan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan transportasi. Mendorong pengembangan ekonomi di daerah-daerah tertentu juga dapat mengurangi migrasi penduduk ke kota-kota yang padat penduduk. Pendirian Polsubsektor juga sangat disarankan di daerah yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:33
Last Modified: 27 Aug 2024 06:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20733

Actions (login required)

View Item View Item