ANALISIS KEUNGGULAN DAYA SAING EKSPOR KOMODITAS KOPI INDONESIA

Ahmad, Amri and Yusnida, Yusnida and Bambang, Agoes Hermanto (2024) ANALISIS KEUNGGULAN DAYA SAING EKSPOR KOMODITAS KOPI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
FULL SKRIPSI (REVISIAN)[1] (1)a sd (1) - Ahmad Amri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perdagangan internasional terutama ekspor merupakan faktor yang menentukan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebuah negara, karena akan menciptakan peluang investasi, penyediaan lapangan kerja, dan optimalisasi penggunaan sumber daya alam lokal, menambah devisa yang berguna untuk membiayai pembangunan sebuah negara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui daya saing komoditas kopi Indonesia dan mengetahui kinerja ekspor komoditas kopi Indonesia jika dibandingkan dengan Negara lain melalui efek pertumbuhan standar, efek distribusi pasar, dan efek daya saing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis data Revealled Comalpraltive Aldvalntalge (RCAl), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) dan Acceleration Ratio (AR). Hasil dari penelitian ini perkembangan ekspor komoditas kopi Indonesia di pasar dunia mengalami fluktuasi yang dapat dilihat dari hasil ekspor kopiIndonesia pasar dunia pada tahun 2017 – 2021 sebesar 1 juta ton lebih. Posisi daya saing negara Indonesia berdasarkan hasil nilai RCA >1 menunjukan keungulan komparatif dengan kode HS 0901, artinya bahwa komoditi tersebut memiliki keunggulan komparatif yang tinggi di pasar. Hasil analisis nilai Indeks Spesialisasi Pedagangan Indonesia (ISP) yang berkisar antara 0 sampai dengan 1 telah menandakan jika Indonesia memiliki keunggulan kompetitif yang kuat dalam berdaya saing yang dibuktikan dengan banyaknya komponen utama saling mendukung serta memiliki daya saing dan cenderung sebagai negara pengkespor. Dan hasil analisis nilai Acceleration Ratio (AR) pada komoditas kopi Indonesia menunjukan nilai yang positif (>1) lebih dari 1 yang mengartikan bahwa kegiatan ekspor komoditas kopi Indonesia mampu merebut pasar komoditas kopi di pasar internasional.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Aug 2024 10:49
Last Modified: 27 Aug 2024 10:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20752

Actions (login required)

View Item View Item