PENGARUH PENGGUNAAN EKSTRAK DAUN KITOLOD (Isotoma longiflora) DALAM AIR MINUM TERHADAP BERAT KARKAS DAN RASIO DAGING DENGAN TULANG BROILER

Mirwan, Mirwan and Warnoto, Warnoto and Muhammad, Dani (2023) PENGARUH PENGGUNAAN EKSTRAK DAUN KITOLOD (Isotoma longiflora) DALAM AIR MINUM TERHADAP BERAT KARKAS DAN RASIO DAGING DENGAN TULANG BROILER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_MIRWAN_E1C018092_101 - Mirwan Ptr.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Broiler merupakan jenis ayam pedaging dan menjadi salah satu sumber protein hewani yang pertumbuhannya relatif cepat dan harganya relatif murah dibandingkan dengan ternak lainnya, sehingga boiler cukup baik untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ekstrak daun kitolod dalam air minum terhadap berat karkas dan rasio daging dengan tulang boiler. Penelitian telah dilaksanakan di CZAL dan Laboratorium Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan 4 ulangan. Setiap ulangan terdiri 10 ekor broiler (total 200 ekor). Perlakuan terdiri P0: Air minum + ekstrak daun kitolod 0%; P1: Air minum + antibiotik tetracyclin; P2: Air minum + ekstrak daun kitolod 1,5%; P3: Air minum + ekstrak daun kitolod 3,0%; P4: Air minum + ekstrak daun kitolod 4,5%. Parameter yang diamati adalah berat karkas, Persentase berat karkas, berat daging, berat tulang dan Rasio daging dengan tulang. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA), jika berpengaruh nyata maka untuk melihat perbedaan antar perlakuan dilakukan uji lanjut dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun kitolod (Isotoma longiflora) dalam air minum berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap berat tulang, tetapi berpengaruh nyata (P< 0,05) terhadap berat karkas, persentase karkas, berat daging dan rasio daging dengan tulang (Meat bone ratio). Rataan berat karkas (1.325,25-1.604,75 g/ekor), persentase berat karkas (72,96-75,90%), berat daging (882,75-1.097,50 g), berat tulang (263,75-295,50 g) dan rasio daging dengan tulang (3,25-4,18). Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan ekstrak daun kitolod (Isotoma longiflora) melalui air minum belum mampu meningkatkan berat karkas dan rasio daging dengan tulang broiler. Hal ini terlihat pada (parameter yang berbeda) meskipun ada perbedaan pada hasilnya tetapi tidak ada peningkatan dan pada (parameter yang tidak berbeda nyata) yang dihasilkan relatif sama.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:34
Last Modified: 28 Aug 2024 02:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20765

Actions (login required)

View Item View Item