ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, BELANJA DAERAH, DAN PENDAPATAN PERKAPITA TERHADAP RETRIBUSI DAERAH DI PROVINSI BENGKULU (Studi Kasus di Kabupaten/kota Provinsi Bengkulu)

Muhammad, Fikri and Hutapia, Hutapia and Bambang, Agoes Hermanto (2024) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, BELANJA DAERAH, DAN PENDAPATAN PERKAPITA TERHADAP RETRIBUSI DAERAH DI PROVINSI BENGKULU (Studi Kasus di Kabupaten/kota Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
inbound164747875787858191 - Rangga Hendi Prayoga.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Retribusi daerah merupakan salah satu sumber dari pendapatan asli daerah (PAD), retribusi merupakan pungutan daerah untuk pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu dalam menggunakan fasilitas yang disediakan atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan pribadi atau badan. Ada 3 jenis retribusi yaitu retribusi jasa umum, retribusi jasa usaha, retribusi perizinan tertentu. Retribusi daerah dapat meningkatkan kemampuan penerimaan pendapatan asli daerah dan membantu mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah. Jenis penelitian ini merupakan explanatory research, dengan metode regresi data panel. Total unit observasi pada penelitian ini berjumlah 32 unit terdiri dari 3 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Bengkulu pada periode 2015-2022. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari Dirjen Keuangan Publik (DJPK) dan Badan Pusat statistik Provinsi Bengkulu yang berupa data Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Daerah, Pendapatan Perkapita, dan Retribusi Daerah. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dari Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Daerah, dan Pendapatan Perkapita terhadap Retribusi Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu tahun 2015-2022. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Daerah dan Pendapatan Perkapita terhadap Retribusi Daerah pada Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu tahun 2015-2022. Berdasarkan hal tersebut diperlukan kesadaran masyarakat dalam pembayaran retribusi daerah maupun pajak daerah, di mana perlu diadakannya penyuluhan tentang manfaat pentingnya masyarakat wajib membayar retribusi daerah dan pajak daerah. Agar target retribusi daerah dapat terealisasi dengan maksimal, instansi-instansi terkait perlu membuat strategi yang tepat, supaya potensi dari retribusi daerah itu sendiri dapat tergali dengan maksimal. Disarankan kepada pemerintah Provinsi Bengkulu sebaiknya dapat lebih meningkatkan kinerja dan juga memberi kesadaran kepada masyarakat dalam pembayaran retribusi daerah agar dapat meningkatkan pembangunan daerah dan pertumbuhan di daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:47
Last Modified: 28 Aug 2024 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20798

Actions (login required)

View Item View Item