PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN PERCEIVED RISK TERHADAP REVISIT INTENTION DENGAN TOURIST SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI PADA OBJEK WISATA PULAU TIKUS KOTA BENGKULU

Muhammad, Ilham Ramadan and Ilsya, Hayadi and Seprianti, Eka Putri (2023) PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN PERCEIVED RISK TERHADAP REVISIT INTENTION DENGAN TOURIST SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI PADA OBJEK WISATA PULAU TIKUS KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Muhammad Ilham Ramadan_Skripsi - Muhammad Ilham Ramadan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pada masa modern saat ini, persaingan bisnis dalam bidang industri pariwisata telah berkembang cukup pesat. Hal ini disebabkan karena industri pariwisata telah memainkan peran penting dalam memberikan kontribusi terhadap masyarakat ekonomi modern. Pariwisata telah menjadi salah satu faktor penting dalam kemajuan suatu daerah, Kota Bengkulu merupakan salah satu daerah yang memiliki objek wisata potensial yaitu Pulau Tikus. Pulau Tikus adalah sebuah pulau kecil yang ditopang gugusan terumbu karang dan memiliki panorama bawah laut yang indah. Namun keindahan ini belum bisa memunculkan minat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Pulau Tikus. Isu tentang minat kunjung kembali ini penting untuk diangkat sebab apabila ditinjau dari sisi ekonomi studi ini sangat penting bagi bisnis pariwisata. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi minat kunjung kembali wisatawan ke Pulau Tikus, seperti destination image, perceived risk, dan tourist satisfaction. Citra dari Pulau Tikus bisa mempengaruhi wisatawan dalam membuat keputusan di masa mendatang, kesan dan perasaan mereka pada Pulau Tikus menjadi bahan pertimbangan bagi mereka. Selain itu, perceived risk merupakan risiko yang dirasakan pada Pulau Tikus menjadikan wisatawan berpikir ulang untuk mengunjungi lagi karena perbedaan kemampuan dalam menghadapi risiko menjadi penentu perilaku di masa depan. Kemudian, tourist satisfaction merupakan kepuasan yang dialami wisatawan pada Pulau Tikus. Pengalaman memuaskan ataupun membahagiakan menjadi poin penting bagi wisatawan dalam mendorong minat mereka untuk berkunjung kembali ke Pulau Tikus. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris apakah destination image dan perceived risk memiliki pengaruh terhadap revisit intention yang dimediasi oleh tourist satisfaction. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dimana sampel disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner secara online. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 148 responden. Alat analisis yang digunakan adalah SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa destination image memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap revisit intention dan perceived risk memiliki pengaruh negative yang tidak signifikan terhadap revisit intention, sedangkan destination image dan perceived risk memiliki pengaruh positif terhadap tourist satisfaction. Selain itu, tourist satisfaction memiliki pengaruh positif terhadap revisit intention. Kemudian destination image dan perceived risk memiliki xi pengaruh positif terhadap revisit intention yang dimediasi oleh tourist satisfaction. Penelitian ini hanya mendapatkan informasi dari satu pihak dan penyebaran kuesioner mendapatkan 148 responden. Peneliti selanjutnya diharapkan mampu mendapatkan informasi dari berbagai pihak dan mendapatkan jumlah responden jauh lebih banyak dari penelitian ini agar mampu mewakili populasi masyarakat Provinsi Bengkulu yang memiliki minat untuk berkunjung kembali ke Pulau Tikus. Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi pelaku usaha diharapkan bisa mempertahankan keaslian alam dari Pulau Tikus. Kemudian lebih memperhatikan variabel destination image dan perceived risk agar bisa memunculkan minat wisatawan dalam membuat keputusan berkunjung kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:42
Last Modified: 28 Aug 2024 07:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20805

Actions (login required)

View Item View Item