PENGARUH BRAND IMAGE, INFLUENCER MARKETING, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP

Ilham, Oktian Dinanda and Ilsya, Hayadi and Rina, Suthia Hayu (2023) PENGARUH BRAND IMAGE, INFLUENCER MARKETING, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ILHAM OKTIAN DINANDA FIX P - ilham oktiandinanda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dunia teknologi saat ini sangatlah pesat bahkan teknologi hampir diterapkan disegala bidang kehidupan saat ini, termasuk dunia bisnis. Internet merupakan salah satu media sosial yang telah mengalami kemajuan yag signifikan di dunia. Menurut survei yang dilakukan oleh Hootsuite dan we are social tahun 2022, indonesia memiliki 204,7 juta pengguna internet dan 191,4 juta pengguna media sosial aktif, yang mana hampir keseluruhan dari mereka mengakses media sosial melalui smartphone mereka. Hal ini kemudian berdampak pada sektor ekonomi dengan media promosi, publikasi, dan pemasaran yang dilakukan melalui media sosial. Sehingga, aktivitas ini dapat mempercepat laju penggunaan media sosial serta dapat mempermudah kegiatan pemasaran di sektor bisnis. Salah satunya adalah platform TikTok yang terus mengalami peningkatan pengguna yang dignifikan dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan lima variabel yaitu brand image, influencer marketing, online customer review, trust dan purchase intention. Menurut Ferdinand (2014) Niat beli merupakan kecenderungan atau kemauan konsumen untuk membeli produk atau merek tertentu, dan dapat diidentifikasi melalui berbagai indikator seperti transaksional (adanya kesepakatan khusus seperti diskon atau promo), minat referensial (adanya rekomendasi dari orang lain), minat prefernsial (sesuai dengan gaya dan kepribadian konsumen), dan minat eksplorasi (mencoba produk atau merek baru). Menurut Adji (2014) trust adalah suatu bentuk kepercayaan yang dimiliki oleh konsumen terhadap pihak lain dalam menjalankan suatu transaksi, yang didasari dengan keyakinan bahwa pihak yang dipercayai akan memenuhi kewajiban mereka dengan baik sesuai dengan harpaan konsumen. menurut Sangadji (2013) merek adalah kumpulan gambar dan desain yang dibuat guna mewakili identitas dari sesuatu yang dihasilkan. Influencer marketing merupakan sebuah teknik yang melibatkan orang-orang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi citra merek dalam mempromosikan dan menjual produk atau jasa (Wood, 2016). Sugiarti (2021) menjelaskan bahwa online customer review merupakan penilain produk yang diberikan oleh konsumen setelah melakukan pembelian melalui internet. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online. Teknik sampling menggunaan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 269 responden pengguna TikTok shop. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program xi SmartPls versi 3.2.9. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji outer model, inner model, uji hipotesis, dan uji efek mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust yang dibuktikan dari nilai t-statistik 2.505 (>1,96) dan nilai p-value sebesar 0.013 (<0,05). 2) Influencer Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust yang dibuktikan dari nilai t�statistik 2.465 (>1,96) dan nilai p-value sebesar 0.014 (<0,05). 3) Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust yang dibuktikan dari nilai t-statistik 6.869 (>1,96) dan nilai p-value sebesar 0.000 (<0,05). 4) Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention yang dibuktikan dari nilai t-statistik 5.474 (>1,96) dan nilai p-value sebesar 0.000 (<0,05). 5) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui trust dengan nilai statistik 2.098 (>1,96) dan nilai p-value sebesar 0.036 (<0,05).6) Influencer Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui trust dengan nilai statistik 2.363 (>1,96) dan nilai p-value sebesar 0.019 (<0,05).7) online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui trust dengan nilai statistik 4.324 (>1,96) dan nilai p-value sebesar 0.000 (<0,05). Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk penelitian selanjutnya menggunakan populasi dan dengan usia khusus atau dengan perbedaan pada generasi Z dan seterusnya. Sehingga dapat dilihat perbedaan dengan penelitian ini yang tidak menggunakan batas usia tertentu. Kata Kunci: Brand Image, Influencer Marketing, Online Customer Review, Purchase Intention, dan Trust

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:06
Last Modified: 28 Aug 2024 08:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20809

Actions (login required)

View Item View Item