TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU PADA KEGIATAN MENGAJAR DI SLBN 5 KOTA BENGKULU

Noveradia, Irsa and Irma, Diani and Ngudining, Rahayu (2023) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU PADA KEGIATAN MENGAJAR DI SLBN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_IRSA NOVERADIA_A1A019106_LINGUISTIK - Irsa Noveradia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif guru pada kegiatan mengajar di SLBN 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini mengangkat sebuah permsalahan yaitu bagaimana tindak tutur direktif guru pada kegiatan mengajar di SLBN 5 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan d SLBN 5 Kota Bengkulu. Sumber data dalam peneitian ini berupa tuturan direktif guru pada kegiatan mengajar bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi, teknik rekam, dan catatan lapangan. Langkah-langkah pengolaan data yang dilakukan yaitu (1) mentranskripsi data dari lisan menjadi tulisan, (2) mengidentifikasi data berdasarkan jenis-jenis tindak tutur direktif, (3) mengkasifikasi data berdasarkan kelompoknya, (4) menginterpretasi data, dan (5) menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia meliputi (1) Tindak tutur direktif permintaan (requestives) ditandai dengan kata “tolong, ayo, yok, coba”. (2) Tindak tutur direktif pertanyaan (questions) ditandai dengan kata “apa, kenapa, dan berapa diiringi dengan intonasi bertanya. (3) Tindak tutur direktif persyaratan/perintah (requirements) ditandai dengan kata “ambil sini, diam, sini, ulang, dan sesuai dengan konteksnya”. (4) Tindak tutur direktif melarang (prohibitives) ditandai dengan “kata tidak boleh, jangan, udah sesuai dengan konteks”. (5) Tindak tutur direktif persilaan/pemberian izin (permissives) ditandai kata “silahkan, boleh, bawa sini sesuai dengan konteks”. (6) Tindak tutur direktif nasihat (advisories) ditandai dengan kata “dikurangi, dirapikan, belajar lagi sesuai dengan konteks” dan ditemukannya strategi langsung dan tidak langsung dalam kegiatan mengajar. Kata kunci : tindak tutur direktif, kegiatan mengajar, SLBN 5 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:29
Last Modified: 29 Aug 2024 03:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20868

Actions (login required)

View Item View Item