ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIE MENTAH DI PENGGILINGAN MIE DZOHIR KOTA BENGKULU

Efriyeni, Efriyeni and Reflis, Reflis and M. Zulkarnain, Yuliarso (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIE MENTAH DI PENGGILINGAN MIE DZOHIR KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Efriyeni_E1D017180 Agribinis - efri yeni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Strategi pembangunan pertanian berdasarkan konsep agroindustri adalah upaya yang sangat penting dalam menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan, mendorong dan membantu nilai tambah. Pengembangan usaha merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan, karena pengembangan merupakan kunci dari perkembangan usaha (Safitri, 2017). Strategi pengembangan secara umum memiliki empat unsur yaitu produk, harga, promosi, tempat yang selalu berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan pergerakan usaha, serta perubahan yang terjadi di lingkungan. Lingkungan usaha memiliki peran yang sangat penting dalam perumusan strategi pengembangan (Asrina, 2017). Mie di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Kota Bengkulu yang mendapat perhatian besar dalam perkembangannya (Herlin dkk, 2022). Namun usaha mie mentah di Kota Bengkulu saat ini mengalami keterbatasan modal kerja, sumber daya manusia yang tidak mencukupi, kurangnya pengetahuan tentang teknologi dan informasi serta jaringan usaha yang terbatas (Sari dkk, 2021). Salah satu usaha mie mentah di Kota Bengkulu yaitu Penggilingan Mie Dzohir yang terletak di Kelurahan Panorama Kota Bengkulu. Usaha ini berdiri sejak tahun 2017 menghasilkan produk mie dengan harga Rp 15.000 – 21.000/kg. Pemasaran produk yang dilakukan tidak selalu dipromosikan dan penjualan banyak dilakukan dengan sistem pesan. Produk yang dipasarkan dari segi pengemasan masih sederhana dan belum adanya label. Penggilingan Mie Dzohir memiliki beberapa pesaing antara lain: Penggilingan Mie Glompong, Penggilingan Mie Alibaba, dan Penggilingan Bakso Evi dengan harga Rp 14.000/kg. Persaingan ketat yang dapat mempengaruhi kemampuan usaha dalam merebut pangsa pasar. Oleh karena itu, keputusan manajerial diperlukan untuk menentukan alternatif strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan. Upaya merumuskan strategi pengembangan usaha yang dipilih nantinya, dapat membantu mengembangkan usaha yang lebih maju dan berkembang sehingga mampu menghadapi persaingan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Identifikasai faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pengembangan Usaha Mie Mentah di Penggilingan Mie Dzohir Kota Bengkulu. 2) Menganalisis serta menemukan strategi terbaik pengembangan Usaha Mie Mentah di Penggilingan Mie Dzohir Kota Bengkulu. Lokasi ditetapkan secara purposive atau sengaja. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Responden ditentukan dengan metode purposive sampling, sebanyak tiga belas responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan matriks IFE dan EFE, total skor bobot IFE 2,93 dan EFE 2,96 menempatkan Usaha Mie Mentah di kuadran I (SO). Strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan berdasarkan hasil akhir QSPM adalah meningkatkan kapasitas produksi dan menambah pangsa pasar, meningkatkan kualitas produk dengan memperhatikan higienitas dalam proses produksi dan penggunaan bahan baku yang berkualitas, menjalin kerjasama dengan lembaga/industri terkait untuk mendorong pengembangan usaha, mengoptimalkan pemasaran produk dengan memperluas jangkauan pasar melalui kegiatan promosi, melakukan inovasi produk berkelanjutan untuk menarik minat konsumen. Untuk prioritas strategi terbaik yang perlu diterapkan oleh Usaha Mie Mentah di Penggilingan Mie Dzohir adalah meningkatkan kualitas produk dengan memperhatikan higienitas dalam proses produksi dan penggunaan bahan baku yang berkualitas. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Matriks IFE, EFE, Analisis SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:44
Last Modified: 30 Aug 2024 02:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20910

Actions (login required)

View Item View Item