PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL AUDITORY, INTELLECTUALLY, AND REPETITION (AIR) UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMP KELAS VII

Astuti, Dewi Mawar and Abas, Abas and Dewi, Jumiarni (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL AUDITORY, INTELLECTUALLY, AND REPETITION (AIR) UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Dewi Mawar Astuti (A1D019010) - Bebas Perpus Unib - dewi mawarrr.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan Pemecahan masalah dibutuhkan peserta didik baik dalam proses pelajaran maupun penerapan penyelesaian dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik tergolong rendah karena kurang terlatih. Maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) untuk kemampuan pemecahan masalah yang layak dan efektif digunakan oleh pesesrta didik SMP kelas VII. Metode penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian pengembangan 4-D yang dibatasi hingga tahap ketiga yaitu, define (pengembangan), design (perencanaan), dan develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan tes. Subjek penelitian ahli media, ahli materi, ahli praktisi, dan peserta didik SMP 11 Kota Bengkulu. Analisis hasil data validasi LKPD persentase rata-rata 83.4% termasuk kriteris sangat layak. Dengan persentase ahli materi 82.6%, ahli media 76%, dan ahli praktisi 91.8%. Analisis hasil keterbacaan dengan rata-rata 91.2% termasuk kriteria sangat layak. Analisis hasil efektivitas 0.67 termasuk kriteria sedang, sehingga LKPD ini dapat diuji coba dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR), Kemampuan Pemecahan Masalah, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:53
Last Modified: 30 Aug 2024 03:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20923

Actions (login required)

View Item View Item