PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING (DL) MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA KELAS X BERDASARKAN INVENTARISASI JENIS IKAN HASIL TANGKAP NELAYAN DI TPI PANTAI PONDOK BESI BENGKULU

Balianti, Novla and Sri, Irawati and Abas, Abas (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING (DL) MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA KELAS X BERDASARKAN INVENTARISASI JENIS IKAN HASIL TANGKAP NELAYAN DI TPI PANTAI PONDOK BESI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Novla Balianti._compressed - Novla Balianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD biologi berbasis Discovery Learning dengan memanfaatkan lingkungan peserta didik sebagai sumber belajar pada materi keanekaragaman hayati berdasarkan keragaman ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) pantai padang besi Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu R&D, adapun tahapan penelitian ini meliputi 1) Tahap penelitian dan pengumpulan informasi, 2) Tahap perencanaan, 3) Tahap pengembangan produk, 4) Tahap pengujian lapangan awal, 5) Tahap revisi produk utama. Peneliian ini dilaksanakan pada Oktober 2022 - Januari 2023. Adapun pengambilan sampel ikan dilakukan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Pondok Besi Bengkulu. Alat dan bahan yang digunaan dalam mengidentifikasi ikan diantaranya yaitu alat tulis, kamera Digital, kantong plastik transparan, kertas label, sterofom, jarum pentul, penggaris, sarung tangan lateks, buku identifikasi ikan, es batu dan alkohol 70%. Data dianalisis deskriptif berdasarkan data hasil validasi dan uji keterbacaan LKPD. Bahan ajar LKPD berbasis Discory Learning dikembangkan dengan melatih keterampilan kognitif dan psikomotor peserta didik mengacu pada KD 4.2 menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan upaya pelestariannya. LKPD yang disusun memperoleh kriteria sangat layak dari para validator dan juga dinilai sangat baik dengan nilai 94 % dalam uji keterbacaan siswa oleh 10 orang peserta didik di SMAN 07 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan, dapat dinyatakan bahwa LKPD yang disusun layak dan baik digunakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman hayati kelas X tingkat SMA. Kata Kunci : Bahan Ajar, LKPD, TPI Pantai Pondok Besi Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:53
Last Modified: 30 Aug 2024 03:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20932

Actions (login required)

View Item View Item