PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI FUNGI KELAS X SMA/MA BERDASARKAN IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN MAKROFUNGI DI KAWASAN WISATA HUTAN MADAPI TNKS KABUPATEN REJANG LEBONG

Azizah, Aida Nur and Yennita, Yennita and Syarif, Hidayat (2023) PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI FUNGI KELAS X SMA/MA BERDASARKAN IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN MAKROFUNGI DI KAWASAN WISATA HUTAN MADAPI TNKS KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Aida Nur Azizah_A1D019038_PBio_CD_compressed (1)_compressed - Aida nurazizah11.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Hutan Madapi TNKS Kabupaten Rejang Lebong merupakan kawasan wisata alam dengan potensi keanekaragaman makhluk hidup yang melimpah, salah satunya adalah keanekaragaman makrofungi. Potensi ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber pengembangan media ajar berbasis lingkungan sekitar pada materi fungi kelas X SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman makrofungi di kawasan wisata Hutan Madapi TNKS Kabupaten Rejang Lebong, dan data tersebut dikembangkan menjadi media ajar berupa booklet. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (Sivasailam Thiagarajan, 1974), yang terdiri atas 3 tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Pengambilan sampel dilakukan di kawasan wisata Hutan Madapi TNKS Kabupaten Rejang Lebong, menggunakan metode purposive sampling dengan teknik eksplorasi. Analisa data dilakukan secara deskriptif kuantitatif berdasarkan uji kelayakan dan keterbacaan booklet. Uji kelayakan booklet dilakukan oleh validator ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan. Dan uji keterbacaan booklet dilakukan oleh 20 orang peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 3 Rejang Lebong. Hasil penelitian ditemukan 19 spesies makrofungi yang berasal dari Divisi Basidiomycota. Hasil persentase uji kelayakan booklet dari validator ahli materi sebesar 91,66%, ahli media 91,66%, dan ahli praktisi 86,45%, dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan booklet oleh peserta didik sebesar 86,22% dengan kriteria sangat baik. Kata kunci : Booklet, Kawasan Wisata Hutan Madapi TNKS Rejang Lebong Keanekaragaman Makrofungi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:20
Last Modified: 30 Aug 2024 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20961

Actions (login required)

View Item View Item