PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) PADA MATERI BAKTERI KELAS X SMA

Oktariza, Atika and Dewi, Jumiarni and Syarif, Hidayat (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) PADA MATERI BAKTERI KELAS X SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_ATIKA OKTARIZA_A1D019053 (SCAN)_compressed - Atika trz.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Materi bakteri merupakan materi yang cukup sulit dipahami oleh siswa. Pembelajaran materi bakteri masih menggunakan media ajar berupa buku paket dan belum pernah menggunakan media ajar LKPD yang berbasis STEM. Rumusan masalah dalam penenlitian ini adalah bagaimana mengembangkan desain LKPD berbasis STEM pada materi Bakteri, bagaimana kelayakan LKPD berbasis STEM pada materi Bakteri kelas X SMA dan bagaimana tingkat keterbacaan LKPD berbasis STEM pada materi Bakteri kelas X SMA. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan LKPD Biologi berbasis STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) pada materi Bakteri kelas X SMA. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan mengadopsi model pengembangan 4-D. Subjek penelitian ini adalah 10 orang peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Hasil penilaian validasi keseluruhan aspek pada media ajar LKPD Biologi berbasis STEM materi bakteri yang dikembangkan memiliki kelayakan sangat layak dengan persentase 95% dari segi materi, 90% dari segi media, dan 94,6% dari segi kepraktisan. Hasil keterbacaan peserta didik diperoleh persentase 88,4% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian LKPD berbasis STEM pada materi Bakteri ini sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran Biologi. Kata kunci: Bakteri, LKPD, Science technology engineering and mathematics.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:21
Last Modified: 30 Aug 2024 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item