Iswara, Natia and Connie, Connie and Andik, Purwanto (2023) PENGARUH PENERA PAN E -MODUL DENGAN P E N D E K A T A N S T E M ( S c i e n c e , T e c h n o l o g y , E n g i ne e ri n g, d a n M at he m a t ic s) TER HA DA P HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
NATIA ISWARA_SKRIPSI_P.FISIKA_UNIB - Natia Iswara.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh e-modul fisika dengan pendekatan STEM setelah diberi perlakuan terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi, 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul fisika pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-experimental design dengan bentuk penelitian adalah one grup pretest-postest. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis didapat bahwa t hitung > t tabel nilai 22,32 > 1,68 dengan df = 35 pada taraf signifikansi 5% yang dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Berdasarkan analisis data respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar e modul berbasis STEM pada materi gelombang bunyi yaitu 80, 69% yang menunjukan bahwa siswa memberi respon positif. Berdasarkan hasil analisis data uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunakan bahan ajar berupa e modul berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi Gelombang Bunyi. Berdasarkan hasil analisis data respon siswa setelah mengikuti pembelajran dengan menggunakan e modul berbasis STEM dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon positif mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berupa e modul berbasis STEM pada materi gelombang bunyi di SMA N 4 Kota Bengkulu. Kata kunci: E Modul, STEM, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 09:36 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 09:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20971 |
Actions (login required)
View Item |