PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN MOOCs UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMAN KOTA BENGKULU (Research and Development)

Agustina, Triwahyuni and Eko, Risdianto and Afrizal, Mayub (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN MOOCs UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMAN KOTA BENGKULU (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI YUNI 2023 benarr - Triwahyuni Agustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Dunia pendidikan yang menjadi prioritas dalam kehidupan, karena tanpa adanya pendidikan suatu kelompok manusia tidak akan dapat bertahan hidup dan berkembang searah dengan aspirasi untuk terus maju. Hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan pada tiga sekolah, dapat disimpulkan bahwa sekolah tersebut masih menggunakan bahan ajar buku cetak, menggunakan metode belajar yang konvensional, hanya memanfaatkan teknologi melalui powerpoint dan link video. Sehingga siswa kurang tertarik saat memperhatikan dan merespon guru. Yang berdampak pula pada pemahaman konsepnya, yang kebanyakan siswa memiliki tingkat penguasaan konsep yang kurang. Sebanyak 85,5% siswa mengharapkan adanya bahan ajar digital seperti bahan ajar online yang dapat diakses tanpa adanya batasan sehingga memudahkan siswa belajar dimana saja dan kapan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya peningkatan penguasaan konsep siswa dari sebelum menggunakan bahan ajar digital berbantuan MOOCs dengan setelah menggunakan bahan ajar digital berbantuan MOOCs. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbentuk pengembangan produk atau biasa disebut penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model 4D yaitu, Define, Design, Development, dan Desiminate. Melalui uji validasi didapat hasil rata-rata sebesar 92,7% dalam kategori sangat layak. Kemudian uji persepsi didapat hasil rata-rata sebesar 90,06% dalam kategori sangat baik. Terakhir dilakukan uji t pada independen sampel test dapat dilihat nilai sig. (2-tailed) hanya sebesar 0,00 sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar di uji pretest dan posttest. Penelitian ini diharapkan mampu membuat siswa lebih serius belajar, sehingga penguasaan konsepnya bisa meningkat. Kata kunci:bahan ajar, MOOCs, pemahaman konsep, alat optik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Aug 2024 09:37
Last Modified: 30 Aug 2024 09:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20975

Actions (login required)

View Item View Item