PENGARUH PROFITABILITAS, KONEKSI POLITIK DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2022)

Nover, Nurharanti and Nikmah, Nikmah and Fahruzzaman, Fahruzzaman (2024) PENGARUH PROFITABILITAS, KONEKSI POLITIK DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2022). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI NOVER NURHARANTI (C1C0180095)_S1 AKUNTANSI - Nover Nurharanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris Pengaruh profitabilitas, koneksi politik dan karakteristik terhadap penghindaran pajak. Penghindaran pajak dalam penelitian ini diukur dengan Cash Effective Tax Rate (CETR). Profitabilitas diukur dengan menggunakan rumus ROA. Koneksi politik diukur dengan mengguunakan variabel dummy dimana jika terdapat hubungan politik diberi nilai 1 dan 0 untuk perusahaan yang tidak memiliki hubungan politik. Karakteritik perusahaan terdiri dari leverage yang diukur dengan melihat tingkat hutang perusahaan, ukuran perusahaan yang diukur dengan menggunakan Ln(Total asset), capital intensity yang diukur berdasarkan besaran investasi perusahaan pada asset tetap dan umur perusahaan yang diukur berdasarkan lama perusahaan terdaftar di BEI. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 22. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2022. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 324 observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan karakteristik perusahaan dari ukuran perusahaan, capital intensity dan umur perusahaan berpengaruh negatif terhadap CETR atau berpengaruhh positif terhadap penghindaran pajak. Tetapi variabel koneksi politik dan karakteristik perusahaan dari leverage berpengaruh positif CETR atau berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak. Implikasi penelitian ini adalah memberikan tambahan bukti empiris pada literature akuntansi khususnya di bidang perpajakan dalam hal praktik penghindaran pajak perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2017- 2022 dan memperkuat hasil penelitian terdahulu yang membuktikan salah satu faktor perusahaan melakukan penghindaran pajak melalui profitabilitas, ukuran perusahan, capital intensity dan umur perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengetahuan tambahan di bidang akuntansi dan perpajakan untuk menjadi pedoman bagi penelitian selanjutnya. Bagi pemerintah dan pengguna laporan keuangan seperti investor, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pemerintah dan pengguna laporan keuangan tentang peraturan kebijakan-kebijakan terkait penghindaran pajak dan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. xii Keterbatasan penelitian ini yaitu beberapa laporan keuangan maupun tahunan perusahaan sampel banyak yang tidak dapat di akses sehingga dari segi jumlah sampel menjadi berkurang dan mengakibatkan hasil penelitian mungkin menjadi kurang maksimal. Data yang dapat di uji hanya sedikit sehingga membutuhkan perbaikan karena tidak memenuhi uji asumsi klasik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 01 Sep 2024 05:33
Last Modified: 01 Sep 2024 05:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20992

Actions (login required)

View Item View Item