Jenty, Susita Andella and Chairil, Afandy and Intan, Zoraya (2024) PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI Tahun 2019-2021). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Skripsi Jenty Susita Andella - Jenty Susita Andella.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Perusahaan adalah sebuah organisasi atau lembaga ekonomi yang didirikan dengan tujuan yang jelas yaitu mendapatkan keuntungan yang optimal, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan (firm value), serta kemakmuran pemilik perusahaan atau pemegang saham (share holders) (Christina dan Ekawati, 2014).. Nilai perusahaan merupakan nilai pasar atas surat berharga hutang dan ekuitas perusahaan yang beredar (Keown, 2008). Nilai perusahaan disini diukur menggunakan Price to Book Value (PBV). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Signalling Theory merupakan pihak eksekutif perusahaan memiliki informasi lebih baik mengenai perusahaannya akan terdorong untuk menyampaikan informasi tersebut kepada calon investor agar harga saham perusahaannya meningkat (Ross, 1977). Faktor�faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusan pendanaan dan kebijakan dividen. Keputusan pendanaan adalah analisis kondisi sumber pendanaan perusahaan baik melalui utang maupun modal yang akan di alokasikan untuk mendukung aktivitas operasi perusahaan, baik dalam investasi modal kerja ataupun asset tetap (Harmono, 2011). Keputusan pendanaan diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER). Selanjutnya Kebijakan dividen adalah keputusan apakah laba yang diperoleh perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen atau akan ditahan dalam bentuk laba ditahan guna pembiayaan investasi di masa yang akan datang (Martono dan Harjito, 2014). Kebijakan dividen diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR). Jenis dan desain penelitian adalah eksplanatori kuantitatif dan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021 dengan sampel sebanyak 10 perusahaan. Pengumpulan data bersifat dokumentasi. Alat bantu yang digunakan yaitu program EVIEWS 12. Adapun pemilihan model regresi data panel dilakukan dengan menggunakan Uji Chow, Uji Hausman, dan Uji LM. Uji asumsi klasik terdiri dari 3 yaitu normalitas, heteroskedastisitas dan x multikolinearitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa keputusan pendanaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, keputusan pendanaan berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan kebijakan dividen tidak mampu memediasi pengaruh keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan. Saran yang dapat diberikan pada peneliti selanjutnya adalah diharapkan untuk menambahkan variabel lainnya, seperti earning per share, size, return on equity (ROE) dan tingkat suku bunga, sehingga dapat memperoleh gambaran yang lebih baik tentang kondisi perusahaan. Selain itu, sebaiknya menambah jumlah sampel penelitian seperti perbankan, sector industri dan pertambangan sehingga hasil penelitian yang didapatkan lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 08:51 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 08:51 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21015 |
Actions (login required)
View Item |