PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-SAKIP (SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH)

Legi, Susilawati and Vika, Fitranita and Nurna, Aziza (2024) PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-SAKIP (SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI LEGI SUSILAWATI C1C019182 - Legy Susilawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pada perkembangan era digitalisasi penggunaan teknologi semakin meningkat pesat salah satunya pada sektor publik. Teknologi informasi diterapkan untuk membantu tata kelola pemerintahan sesuai dengan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan. Perkembangan tersebut mendorong instansi mengikuti perkembangan teknologi informasi yang telah ada. Salah satunya teknologi informasi yang telah digunakan adalah aplikasi E-SAKIP. Aplikasi E-SAKIP adalah sistem informasi kinerja pemerintahan yang dibuat dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi berbasis web. Sistem informasi ini membantu operator aplikasi E-SAKIP dalam menghasilkan data dan menginformasikan kinerja pemerintahan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan operator aplikasi E-SAKIP pada SKPD dan SKPKD. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan dan kepuasan pengguna. Data yang digunakan adalah data primer yang dibagikan kepada 36 kuesioner operator aplikasi E-SAKIP bagian pelaporan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis linear berganda. Data di analisis menggunakan regresi analisis berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) kualitas sistem berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, 2) kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, 3) kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman dan saran yang dapat menjadi pertimbangan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Biro Organisasi Provinsi Bengkulu dalam pengambilan keputusan perbaikan sistem. Keterbatasan dalam penelitian menggunakan kuesioner, sehingga ada kemungkinan responden tidak fokus atau tidak serius ketika menjawab pernyataan dalam kuesioner penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2024 13:41
Last Modified: 02 Sep 2024 13:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21019

Actions (login required)

View Item View Item