PENGARUH PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN, BIAYA LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2021

Rusnaldi, Martin and Isma, Coryanata and Fenny, Marietza (2024) PENGARUH PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN, BIAYA LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2021. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Rusnaldi Martin NPM C1C017098 - Rusnaldi Martin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kinerja keuangan merupakan kinerja yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dalam periode tertentu dengan mengacu kepada standar yang ditetapkan. Kinerja keuangan penting untuk diperhatikan, karena dengan kinerja keuangan yang berjalan dengan efektif dan efisien, maka visi dan misi perusahaan dapat terwujud yang akhirnya akan menghasilkan laba sesuai sasaran perusahaan. Kinerja keunangan dalam penelitian ini di ukur dengan ROA(Return On Asset). Teori yang digunakan dalam peneltian ini adalah teori stakeholder. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan & biaya lingkungan , variabel dependen adalah kinerja keuangan perusahaan. Populasi penelitian ini perusahaan perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa financial report dan annual report perusahaan. Metode pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi. Dengan teknik pengambilan sampel terpilih sampel dalam penelitian ini adalah 48 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2021 secara berturut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data panel. Hipotesis diuji menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas,regresi data panel, ,uji f, uji parsial t, dan uji koefisien determinasi menggunakan software Eviews 13. Pemilihan model analisis pada penelitian ini diuji dengan uji chow, uji hausman, dan uji lagrange multiplier. Berdasarkan uji pemilihan model terpilih random effect model yang sesuai dengan model analisis Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penelitian dan pengembangan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan, hal ini menunjukan semakin besarnya biaya penelitian dan pengembangan yang dikeluarkan, maka hal tersebut akan memberikan pengetahuan tambahan kepada perusahaan untuk dapat menciptakan inovasi baru terhadap produk perusahaan, sehingga hal tersebut memberikan potensi dalam peningkatan kinerja keuangan. Biaya lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, hal ini menunjukkan perusahaan dengan biaya lingkungan yang baik belum mendapatkan respon dari pemangku kepentingan, masyarakat dan investor.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2024 14:25
Last Modified: 02 Sep 2024 14:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21023

Actions (login required)

View Item View Item