PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DAN BUDGETARY SLACK DENGAN JOB RELEVANT INFORMATION SEBAGAI VARIABEL MODERATING: STUDI EMPIRIS PADA BUMD PROVINSI BENGKULU

Paramadina, Chairani Putri and Halimatusyadiah, Halimatusyadiah and Fadli, Fadli (2024) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DAN BUDGETARY SLACK DENGAN JOB RELEVANT INFORMATION SEBAGAI VARIABEL MODERATING: STUDI EMPIRIS PADA BUMD PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Paramadina_C1C019107 - Para Madinah.PDF - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial dan Budgetary Slack dengan Job Relevant Information sebagai Variabel Moderating Studi Empiris pada BUMD Provinsi Bengkuul. Teknik pengambil sampel dengan metode Cluster Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara membagi populasi ke dalam himpunan (kelompok, klaster), selanjutnya himpunan tersebut yang akan dipilih secara acak dan jika sebuah himpunan sudah terpilih, maka semua warga di dalam himpunan tersebut akan dijadikan sampel dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan kuesioner yang disebar langsung kepada responden dengan total responden sebanyak 48 orang yang terdiri dari manajer level tengah dan manajer level bawah pada kelima BUMD Provinsi Bengkulu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhanda dan dan moderated regression analysis (MRA) data diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial dan budgetary slack. pada BUMD Provinsi Bengkulu. Kemudian variabel Job Relevant Information terbukti memoderasi hubungan antara Partisipasi Penyusunan Anggaran dengan Kinerja Manajerial sebagai quasi moderator namun Job relevant information tidak terbukti memoderasi hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan Budgetary Slack. Implikasi dalam penelitian ini Secara teoritis, hasil penelitian ini mendukung Agency theory dengan membuktikan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial dan budgetary slack. Juga menambahkan bukti bahwa teori kontijensi dimana pada penelitiaan ini adalah Job x Relevant Information (JRI) sebagai variabel moderating mampu memperkuat hubungan interaksi antara partisipasi penyusunana anggaran terhadap kinerja manajerial. Keterbatasan penelitian ini menggunakan kuesioner yang hanya menggambarkan penilaian individual dari responden, sehingga peneliti tidak bisa mengontrol jawaban responden yang tidak menunjukkan keadaan yang sesungguhnya. Kuesioner juga dapat memunculkan data yang dihasilkan mempunyai kesempatan terjadi bias karena perbedaan persepsi antara peneliti dengan responden terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Kemudian pengembalian kuesioner membutuhkan waktu yang relatif lama.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2024 14:38
Last Modified: 02 Sep 2024 14:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21026

Actions (login required)

View Item View Item