PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL DI KOTA BENGKULU

Lara, Sintiya Dewi and Nila, Aprila and Sriwirdharmanelly, Sriwirdharmanelly (2024) PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Lara Sintiya Dewi C1C018122 - Lara Sintiya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pajak merupakan suat alat yang dimiliki pemerintah dalam mencapai suat tujuan yaitu mendapatkan penerimaan, baik bersifat langsung ataupun bersifat tidak langsung. Semakin besar pendapatan pajak yang diterima maka semakin besar juga sumber pendanaan negara dari masyarakat yang di mana untuk membiayai pengeluaran rutin serta pembangunan, keseimbangan, dan pemerataan ekonomi masyarakat. Namun realisasi penerimaan pajak masih belum mencapai target. Hal ini disebabkan oleh rendahnya atau kurangnya kepatuhan masyarakat dalam menjalankan kewajibannya yaitu membayar pajak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepatuhan pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak hotel di Kota Bengkulu. Teori yang digunakan adalah TPB (Theory of Planned Behavior) yang di mana teori ini menjelaskan ada 3 sikap dan alasan wajib pajak dalam kepatuhan pajaknya yaitu behavorial belief, normatif belief dan control belief. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada bagian manajer hotel, atau pemilik hotel, atau bagian keuangan hotel atau bagian perpajakan hotel di hotel kota Bengkulu. Pengambilan sampel menggunakan teknik porposive sampling dengan jumlah narasumber sebanyak 76 narasumber. Data analisis yang digunakan yaitu SPSS Statistic versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan pajak hotel, kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, kewajiban moral berpengaruh terhadap kepatuhan pajak dan sanksi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2024 14:49
Last Modified: 02 Sep 2024 14:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21027

Actions (login required)

View Item View Item