STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI PENGOLAHAN MAKANAN KHAS BENGKULU DI KOTA BENGKULU

Meliana, Karunia and Bambang, Agoes Hermanto and Muhammad, Fadhli (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI PENGOLAHAN MAKANAN KHAS BENGKULU DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Meliana Karunia - ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Usaha pembuatan dan penjualan makanan khas Bengkulu merupakan salah satu jenis dari sentra industri pengolahan makanan dan minuman di Kota Bengkulu, sekaligus industri kecil yang berbasis industri lokal di Kota Bengkulu. Makanan khas Bengkulu merupakan makanan kecil yang diolah dari bahan baku lokal yang banyak tersedia di Kota Bengkulu, sehingga tidak mengherankan bahan-bahan tersebut sangat menunjang kontinuitas usaha makanan khas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal pada pengembangan industri kecil pengolahan makanan khas Bengkulu di Kota Bengkulu dan merumuskan strategi pengembangan untuk meningkatkan pertumbuhan industri kecil pengolahan makanan khas Bengkulu di Kota Bengkulu. Data yang digunakan dalam penelitian ini mengambil sebagian dari stakeholder industri pengolahan makanan khas Bengkulu seperti pengusaha makanan khas (produsen dan outlet), pekerja industri pengolahan makanan khas, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Pariwisata Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa yang Menjadi Kekuatan Faktor Internal adalah Peralatan dan Komitmen, serta yang menjadi Kelemahan Faktor Internal adalah Input Produksi, Sumber daya manusia, Distribusi dan Permodalan. Sedangkan yang menjadi Peluang Faktor Eksternal adalah Regulasi, Kemudahan Perizinan dan Kemitraan, serta yang menjadi Ancaman Faktor Eksternal adalah Peluang Pasar dan Persaingan. Oleh karena itu grand strategy pengembangan industri pengolahan makanan khas Bengkulu adalah Strategi WO. Saran dari penelitian ini adalah (1) Bagi Pemerintah Daerah Kota Bengkulu : Pemerintah daerah perlu membuat regulasi tentang pelestarian budaya daerah, membangun dan membuat pusat informasi tentang sentra-sentra usaha makanan khas daerah dan pengembangannya, Pemerintah daerah hendaknya membangun sentra-sentra usaha makanan khas yang strategis, sehingga menjadi ciri khas daerah, Pemerintah daerah mempromosikan usaha makanan khas (kuliner) melalui bazar atau event baik secara regional maupun nasional, Perlu pembinaan dari dinas/instansi terkait dengan pembinaan manajemen usaha. (2) Bagi Pengusaha Makanan Khas : Membangun jaringan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan terutama dengan bahan baku, proses produksi dan pemasaran produk, Mengikuti event-event yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah untuk mempromosikan makanan khas kepada masyarakat konsumen, baik di dalam daerah maupun di luar daerah, Adanya kerjasama dengan industri perbankan atau lembaga keuangan mikro dalam hal permodalan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:17
Last Modified: 03 Sep 2024 02:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21033

Actions (login required)

View Item View Item