PENGARUH KEGIATAN MENGANYAM TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT SAKINAH DARUL FIKRI KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

Ebyttri, Cindy Monica and Delrefi, Delrefi and Didik, Suryadi (2023) PENGARUH KEGIATAN MENGANYAM TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT SAKINAH DARUL FIKRI KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI CINDY MONICA EBYTTRI (A1I019006) - Cindy Monica Ebyttri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menganyam terhadap keterampilan motorik halus anak usia dini. Subjek penelitian ini anak usia 5-6 tahun, yaitu kelompok B1 kelas eksperimen dan B2 kelas kontrol yang berjumlah 38 orang anak. Jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi dengan lembar pengamatan berbentuk rating scale. Data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-test dengan bantuan program SPSS V.16. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh kegiatan menganyam terhadap keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK IT Sakinah Darul Fikri Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Namun secara dari perolehan keseluruhan nilai menyatakan bahwa tidak ada perbedaan kegiatan menganyam di kelas eksperimen dan kegiatan meronce di kelas kontrol dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Kata Kunci : Pengaruh, Kegiatan Menganyam, Keterampilan Motorik Halus Anak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:18
Last Modified: 03 Sep 2024 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21043

Actions (login required)

View Item View Item