PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B DI RA BAITURRAHMAN PKDP ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA

Suryani, Irma and Fitri, April Yanti and Delrefi, Delrefi (2023) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B DI RA BAITURRAHMAN PKDP ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI IRMA SURYANI (A1I019011) PG PAUD_compressed (1) - Irma Suryani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi dalam pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di RA Baiturrahman PKDP Argamakmur Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode nonequivalent control group design. Sampel penelitian yaitu anak kelompok B yang terdiri dari kelompok B2 sebanyak 18 anak dan B3 sebanyak 19 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang dipilih berdasarkan jumlah anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 19 pertanyaan dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil perkembangan kognitif anak. Hal ini terbukti dari data pretest di kelas eksperimen mendapatkan hasil 31,84, kelas kontrol 30.94 dan mengalami perubahan rata-rata posttest kelas eksperimen mendapatkan hasil 74,63 dan kelas kontrol 70,22. Kemudian pada hasil uji independent sample t-test yang menyatakan bahwa nilai Sig (2-tailed) senilai 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi dalam pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak. Disarankan melalukan pengujian metode demonstrasi dengan variable terikat lain seperti kemampuan berpikir simbolik pada anak. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Sains, Perkembangan Kognitif Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:45
Last Modified: 03 Sep 2024 02:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21058

Actions (login required)

View Item View Item