PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII SMP

Utami, Gita Nita and Ariefa, Primair Yani and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
GITA NITA UTAMI_A1M019003_PENDIDIKAN IPA_SKRIPSI - GITA NITA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKPD Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Materi Zat Aditif Kelas VIII SMP yang tervalidasi oleh para ahli. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D dengan dibatasi hanya pada tahap pengembangan (development). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 05 Seluma. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli dan angket respon siswa. Teknik analisis validasi yang digunakan adalah formula Aiken’ V . Hasil penelitian ini berupa pengembangan LKPD Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Materi Zat Aditif kelas VIII SMP. Hasil penelitian LKPD dinyatakan layak digunakan dengan skor keseluruhan rata-rata dalam kategori sangat valid, yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah layak secara konseptual dari aspek materi, bahasa dan media. Hasil respon peserta didik kelas VIII SMP terhadap bahan ajar LKPD secara keseluruhan mendapat persentase rata-rata dalam kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memberikan respon positif terhadap bahan ajar LKPD yang telah dikembangkan. Kata Kunci : STM, LKPD, Zat Aditif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:50
Last Modified: 03 Sep 2024 04:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21100

Actions (login required)

View Item View Item