PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Nabiilah, Laila and Elvinawati, Elvinawati and I Nyoman, Chandra (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_LAILA NABIILAH_A1F019015_compressed - Laila Nabiilah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis pra-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan analisis siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Kota Bengkulu dengan sampel kelas XI IPA 3 yang berjumlah sebanyak 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar tes kemampuan analisis dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh (1) Hasil rata-rata pretest-posttest mengalami peningkatan signifikan yakni sebesar 7,67 menjadi 64,43 dari skor maksimum 100. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:42
Last Modified: 03 Sep 2024 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21127

Actions (login required)

View Item View Item