EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BARISTA PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) PELATIHAN KERJA BENGKULU

Syafitri, Lendy Nurul and Citra, Dwi Palenti and Lenni, Mantili Hutauruk (2023) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BARISTA PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) PELATIHAN KERJA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
LENDY NURUL SYAFITRI_PENDIDIKAN NONFORMAL - Lendy Nurul Syafitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi program pelatihan barista pada unit pelaksana teknis daerah (UPTD) pelatihan kerja bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan alat ukur model evaluasi CIPP. Validitas instrumen dilakukan dengan teknik valiaditas logis atau para ahli. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, penyebaran angket, dan pengambilan dokumentasi. Angket terdiri dari 2 yaitu instruktur dan peserta pelatihan barista yang dilakukan berdasarkan model evaluasi context, input, process, product (CIPP). Kuesioner instruktur terdiri dari 24 butir pertanyaan dan kuesioner peserta terdiri dari 35 butir peranyaan. Responden dalam penelitian ini adalah 2 orang instruktur dan seluruh peserta pelatihan barista yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor total kesiapan instruktur sebesar 4,40 yang termasuk dalam katagori sangat baik. Berdasarkan model evaluasi CIPP diperoleh skor kesiapan instruktur: (1) aspek context sebesar 4.70, (2) aspek input sebesar 4.29, (3) aspek process sebesar 4.11, (4) aspek product sebesar 4.50. Skor total kesiapan peserta sebesar 3.97 yang dikatagorikan baik. Berdasrakan model evaluasi CIPP diperoleh skor kesiapan peserta: (1) aspek context sebesar 3.93, (2) aspek input sebesar 3.79, (3) aspek process sebesar 4.63, (4) aspek product sebesar 3.52. Bedasarkan butir pertanyaan yang mengenai sarana dan prasarana menunjukan skor total sebesar 4,02 yang termasuk dalam katagori baik, dengan skor rata-rata tanggapan instruktur terhadap sarana dan prasarana sebesar 4.00 dan skor rata-rata tanggapan terhadap sarana dan prasarana peserta sebesar 4.03. Kata Kunci: Evaluasi, Pelatihan, CIPP

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:10
Last Modified: 05 Sep 2024 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21200

Actions (login required)

View Item View Item