FENOMENA KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Ardiansyah, Tomy and Resnani, Resnani and Panut, Setiono (2023) FENOMENA KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
A1G019049_Tomy Ardiansyah_SKRIPSI ASLI-dikompresi-dikompresi - Tomy Ardiansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kurang optimalnya peran guru dalam menerapkan keterampilan pengelolaan kelas sehingga menyebabkan timbulnya masalah pengelolaan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena keterampilan pengelolaan kelas pada pembelajaran di SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini guru kelas IIA dan IVA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (dalam Sugiyono, 2022: 247). Uji kredibilitas data yaitu perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu guru telah melaksanakan keterampilan pengelolaan kelas yang bersifat preventif yaitu menyiagakan peserta didik, memberikan petunjuk yang jelas, memandang secara saksama, gerak mendekati, memberikan pernyataan, memberikan reaksi terhadap gangguan ketidakacuhan, memberikan teguran, memberikan penguatan, dan menuntut tanggung jawab. Sedangkan keterampilan yang bersifat represif yaitu memberikan hukuman dan mengatasi tingkah laku peserta didik yang menimbulkan masalah. Akan tetapi, dibeberapa keterampilan masih ada hal yang harus diperbaiki seperti menyiagakan peserta didik guru kurang efektif melaksanakan kegiatan ice breaking akibatnya beberapa peserta didik kurang semangat dan malas melaksanakanya. Kemudian ketika memandang secara saksama dan gerak mendekati peserta didik terdapat kelemahan guru dalam memperhatikan aktivitas keseluruhan peserta didik secara bersamaan. Selanjutnya, pada kegiatan menuntut tanggung jawab peserta didik guru kurang memperhatikan budaya antre dalam melatih tanggung jawab peserta didik. Selanjutnya, terkhusus untuk guru kelas IVA pemberian hukuman kepada peserta didik haruslah memperhatikan prinsip- prinsip pemberian hukuman yang baik. Selanjutnya pada keterampilan pemberiaan penguatan guru perlu melaksanakan kegiatan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini guru telah melaksanakan keterampilan pengelolaan yang bersifat preventif dan represif dengan cukup baik. Akan tetapi, dibeberapa kegiatan masih ada hal yang harus diperbaiki. Kata kunci: Pengelolaan kelas, Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Sep 2024 09:00
Last Modified: 09 Sep 2024 09:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item