PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 9 KOTA BENGKULU

Nengsih, Epi Suci and Herman, Lusa and Neza, Agusdianita (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Perpustakaan Unib_Epi Suci Nengsih - Epi suci nengsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 9 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 9 Kota Bengkulu dengan sampel berjumlah 55 siswa yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel mengunakan teknik cluster random sampling. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan postest. Hasil penelitian dianalisis mengunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial mengunakan uji-t. Rata-rata nilai postest pada kelas eksperimen adalah 78,11 dan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 64,00. Berdasarkan hasil uji hipotesis mengunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 3,42 dan ttabel sebesar 2,00 dengan taraf 5% berarti H0 ditolak dan Ha Diterima. Karena thitung > ttabel maka disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 9 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Problem Based learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:47
Last Modified: 10 Sep 2024 02:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21245

Actions (login required)

View Item View Item