PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Puji Kusuma, Helti and Agus, Susanta and Hari, Sumardi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
HELTI PUJI KUSUMA_A1C018047_S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA_ - Helti Puji Kusuma.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain The Nonequivalent Pretest�Posttest Control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 6 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sampel dalam penelitian ini kelas IX A yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0, 000 < α = 0,005 dengan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 75,88 dan nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol 58,84. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Kata Kunci : eksperimen semu, numbered head together, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:54
Last Modified: 10 Sep 2024 04:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21257

Actions (login required)

View Item View Item