Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Kalor Di Kelas VIII 6 SMP Negeri I Bengkulu

Lezi, Kusma and Rohadi, Nyoman and Nirwana, Nirwana (2006) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Kalor Di Kelas VIII 6 SMP Negeri I Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-KUS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text
IV,V-KUS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Kalor Di Kelas VIII 6 SMP Negeri I Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa dan pemberian sumbangan siswa terhadap skor kelompok dalam mencapai penghargaan kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 6 SMP Negeri I Bengkulu yang berjum- lah 37 orang. Data dikumpulkan dari tes, lembar observasi, laporan, presentasi, pekerjaan rumah, lembar penilaian afektif, dan psikomotorik siswa. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh data aktivitas guru dan siswa dari tiga siklus yang telah dilaksanakan berada pada kategori baik ditunjukkan rata-rata aktivitas guru siklus I 54,5, siklus II 59,5, dan siklus III 60. Skor rata-rata aktivitas siswa siklus I 53,5, siklus II 57,5, dan siklus III 59,5. Hasil belajar kognitif menunjukkan siklus I nilai rata-rata siswa 74,77, daya serap 74,77% dengan ketuntasan belajar 54,05%. Siklus II nilai rata-rata siswa 79,01, daya serap 79,01% dengan ketuntasan belajar 72,97%. Siklus III nilai rata-rata siswa 80,32, daya serap 80,32% dengan ketuntasan belajar 86,48%. Hasil belajar afektif menunjukkan siswa yang mendapat nilai A (baik) pada siklus I sebanyak 43,24%, siklus II 56,57%, dan 83,78% pada siklus III. Hasil belajar psikomotorik menunjukkan siswa yang mendapat 100 (istimewa) pada siklus I sebanyak 32,43%, siklus II 67,56%, dan 91,89% pada siklus III. Sumbangan siswa terhadap skor kelompok menunjukkan sebanyak lima kelompok berhasil mendapat penghargaan pada siklus II dan tujuh kelompok pada siklus III dari delapan kelompok kooperatif tipe STAD. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa serta penghargaan yang dicapai kelompok

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 28 Nov 2013 13:04
Last Modified: 28 Nov 2013 13:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item