Rusli, Selya Destama and Pebrian, Tarmizi and Resnani, Resnani (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD GUGUS XIX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SELYA DESTAMA RUSLI PGSD A1G016044 - Selya Destama Rusli.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division berbantuan Media Animasi Audio Visual terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik di kelas V SD gugus XIX Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN pada gugus XIX Kota Bengkulu yang berstatus sekolah negeri dan memiliki akreditasi A. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VD SDN 69 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SDN 72 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa thitung mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 4,53 dan mata pelajaran IPA sebesar 4,06 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,00 dimana thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel. Untuk hasil belajar aspek sikap presentase keseluruhan untuk kelas eksperimen 68% sedangkan presentase sikap untuk kelas kontrol 48%. Untuk hasil belajar aspek keterampilan presentase keseluruhan untuk krlas eksperimen 67% sedangkan presentase keterampilan untuk kelas kontrol 41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division(STAD) berbantuan Media Animasi Audio Visual. Kata Kunci: Tematik, Model STAD, Media Animasi Audio Visual, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:51 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 04:51 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21260 |
Actions (login required)
View Item |