PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK KELAS V SDN 07 KOTA BENGKULU)

Br Ginting,, Citra Venadia and Sri, Dadi and Osa, Juarsa (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK KELAS V SDN 07 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI CITRA VENADIA BR GINTING-A1G018067-PGSD- - Citra Ginting.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran quantum learning dan menganalisis peningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik (PTK Kelas V SDN 07 Kota Bengkulu). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 07 Kota Bengulu. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai setiap kriteria. Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik terdiri dari enam tahapan yaitu 1) tumbuhkan, 2) alami, 3) namai, 4) demonstrasikan, 5) ulangi, 6) rayakan. Peningkatan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran siklus I dengan rata-rata 58.5 kategori baik (B), meningkat pada siklus II dengan rata-rata 67.5 kategori baik (B). Hasil prestasi belajar siklus I pada mata pelajaran IPA ketuntasan belajar 28.5% dengan rata-rata 45.89 dan IPS ketuntasan belajar 35.7% dengan rata-rata 55.89, meningkat pada siklus II, IPA ketuntasan belajar 85.7% dengan rata-rata 87.32 dan IPS ketuntasan belajar 92.85% dengan rata- rata 88.21. Jadi, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik (PTK Kelas V SDN 07 Kota Bengkulu. Kata kunci: Quantum Learning, Tematik, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:51
Last Modified: 10 Sep 2024 04:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21264

Actions (login required)

View Item View Item