PENGEMBANGAN SOAL PENALARAN MATEMATIKA MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) BERKONTEKS BENGKULU UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

ALIMAH, RAFIDAH and Nurul, Astuty Yensy and Ringki, Agustinsa (2023) PENGEMBANGAN SOAL PENALARAN MATEMATIKA MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) BERKONTEKS BENGKULU UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Rafidah Alimah - Rafidah Alimah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan soal penalaran matematika model Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang valid dan reliabel, serta mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menghasilkan 7 soal penalaran matematika model AKM berkonteks Bengkulu yang meliputi konten domain Bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran serta Data dan Ketidakpastian. Hasil penelitian menunjukkan soal yang dikembangkan: (1) Valid berdasarkan indeks Aiken V semua katagori validitas logis (isi, konstruk, dan bahasa) serta berdasarkan hasil uji validitas empiris menunjukkan rhitung > rtabel (α, (N- 2)); (2) Reliabel berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.797, tingkat kesukaran dalam kriteria sedang dan sulit, serta daya pembeda dalam kriteria sangat baik, baik dan cukup; (3) Kemampuan penalaran matematika 34 peserta didik dalam menyelesaikan soal yang dikembangkan adalah 14.7% dalam kategori sangat rendah, 58.8% dalam kategori rendah, 23.5% dalam kategori sedang, 2.9% dalam kategori tinggi, serta kategori kemampuan penalaran matematika peserta didik rata�rata sedang pada soal nomor 3, 5, 6, 7 sedangkan pada soal nomor 1, 2 dan 4 rendah. Soal yang dikembangkan mampu menarik minat, memotivasi, menantang pola pikir, memberikan pengalaman, membiasakan, melatih, mengaktifkan, memunculkan, dan mengembangkan kemampuan penalaran matematika peserta didik. Kata kunci: AKM; Konteks Bengkulu; Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:31
Last Modified: 10 Sep 2024 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21271

Actions (login required)

View Item View Item