DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Elisa, Maya and Tria, Utari and Edi, Susanto (2023) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_A1C018001_Maya Elisa_Pendidikan Matematika - Maya Elisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi segiempat dan segitiga, serta mengidentifikasi faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes diagnostik dan wawancara. Subjek penelitian ini ialah kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 peserta didik. Tes diagnostik berupa tes tertulis yang terdiri dari 6 soal uraian yang telah valid berdasarkan pendapat para ahli. Tes diagnostik diberikan kepada seluruh peserta didik, sedangkan tes wawancara dilakukan kepada peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tes yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesalahan peserta didik ditinjau dari jenis-jenis kesalahan yaitu kesalahan konsep dengan rata-rata 29% pertiap soal, kesalahan prosedur dengan rata-rata 65% pertiap soal, kesalahan operasi hitung dengan rata-rata 6% pertiap soal dan kesalahan interpretasi bahasa dengan rata-rata 31% pertiap soal. 2) Faktor Penyebab Kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal materi segiempat dan segitiga kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu antara lain yaitu peserta didik kesulitan dalam menerapkan konsep, peserta didik kurang teliti dalam mengerjakan soal, peserta didik tidak berminat dan menganggap matematika itu sulit dan peserta didik tidak mempelajari materi kembali dan jarang berlatih mengerjakan soal dirumah. Kata Kunci : Deskriptif, Diagnosis Kesalahan, Kualitatif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:31
Last Modified: 10 Sep 2024 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21274

Actions (login required)

View Item View Item