ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA SISWA KELAS VIII SMP KOTA BENGKULU

DWI HANDAYANI, AFIFAH MAYSYAH and Zamzaili, Zamzaili and Saleh, Haji (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA SISWA KELAS VIII SMP KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Afifah Maysyah Dwi Handayani_A1C019037_Pendidikan Matematika_compressed (1) - Afifah Maysyah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada siswa kelas VIII SMP Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri 65 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas VIII di sekolah akreditasi A dan 30 siswa kelas VIII di sekolah akreditasi B. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal HOTS pada SMP Kota Bengkulu didominasi oleh kategori rendah yaitu 32,3 %. Sebaran tingkat kemampuan berpikir kritis pada setiap kategori diperoleh 9,2% siswa dengan tingkat kemampuan berpikir kritis kategori sangat tinggi, 26,1% siswa dalam tingkatan tinggi, 18,5 % siswa dalam tingkatan sedang, 32,3% berada pada tingkatan rendah, dan 13,9 % berada dalam tingkatan sangat rendah. Dimana rata-rata indikator kemampuan berpikir kritis yang dicapai di SMP Kota Bengkulu adalah kriteria sangat baik memiliki presentase tertinggi yaitu 55, 3 %, pada indikator analisis presentase tertinggi yaitu 66,2 % berada pada kategori sangat kurang, pada indikator evaluasi presentase tertinggi yaitu 33,8 % berada pada kategori sangat baik, dan pada indikator inferensi presentase tertinggi yaitu 44,6 % berada pada kategori sangat kurang. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis; Soal HOTS; Teorema Pythagoras

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:31
Last Modified: 10 Sep 2024 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21276

Actions (login required)

View Item View Item