Sari, Mirda Dwi Puspa and Dwi, Anggraini and Feri, Noperman (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MIRDA DWI PS (A1G018088) UNIVERSITAS - mirda dwi puspa.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif metode Quasy Eksperiment dengan desain penelitian the matching only pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN gugus XII Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 99 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 81 Kota Bengkulu berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji inferensial. Dari hasil penelitian dan pembahasan diketahui hasil uji-t pada mata pelajaran IPA dengan nilai thitung sebesar 4,116 dan nilai ttabel sebesar 2,002 dan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai thitung sebesar 4,463 dan nilai ttabel sebesar 2,002 Jadi dengan thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video animasi pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Media Video Animasi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 07:52 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 07:52 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21279 |
Actions (login required)
View Item |