PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT! PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

Sari, Fela Puspita and Feri, Noperman and Dalifa, Dalifa (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT! PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Fela Puspita Sari_A1G018031_PGSD-dikompresi - Uswatun Hasanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penlitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh media kahoot! pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy esperiment) dengan desain penelitian adalah The Matching Only Pre Test-Post Test Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas v SD Negeri yang ada di Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara yang tediri dari 16 sekolah dasar dengan sampel berdasarkan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis posttest menunjukan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selanjutnya uji hipotesis (uji-t) dengan nilai pada mata pelajaran IPA thitung (4,837) > ttabel (2,009) dan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia thitung (3,754) > ttabel (2,009). Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Kahoot! pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas v SDN di Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. Kata Kunci : Media Kahoot!, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21286

Actions (login required)

View Item View Item