Safitri, Nadia and Pebrian, Tarmizi and Herman, Lusa (2023) PENERAPAN METODE KWL (KNOW WANT TO KNOW LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SDN 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi_Nadia Safitri_A1G019041_PGSD_FKIP_UNIB - nadia safitri.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan metode KWL (Know Want to Know Learned) untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif pada pembelajaran tematik kelas 5 SDN 20 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 5 SDN 20 Kota Bengkulu. Jumlah siswa kelas 5 yaitu 28 siswa dengan 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode KWL (Know Want to Know Learned) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif serta meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran tematik kelas 5 SDN 20 Kota Bengkulu. Hal ini terlihat dari rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 27 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 32 dengan kategori baik. Hasil skor aktivitas siswa siklus I sebesar 26 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 31 dengan kategori baik. Pada rata-rata siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I sebesar 72 dengan ketuntasan belajar 60,71% meningkat pada siklus II sebesar 80 dengan ketuntasan belajar 78,57%. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan metode KWL (Know Want to Know Learned) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada pembelajaran tematik kelas 5 SDN 20 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Metode, Know Want to Know Learned, Keterampilan membaca Intensif
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:10 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21287 |
Actions (login required)
View Item |