PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

MARICSHA, MARICSHA and Nurul, Astuty Yensy and Dewi, Rahimah (2023) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Maricsha_2023 2 - Maricsha 071.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD dengan Pendekatan Saintifik berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmetika Sosial SMP Negeri 2 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menerapkan 4 tahapan dari model 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dengan Pendekatan Saintifik berbasis Problem Based Learning memenuhi kategori: (1) Valid berdasarkan 33 aspek penilaian yang terdiri dari 13 aspek penilaian materi, 14 aspek penilaian konstruksi, dan 6 aspek penilaian bahasa dengan memperoleh kategori valid, (2) Sangat praktis dari 9 aspek penilaian dengan kecendeungan sangat setuju pada aspek penilaian kepraktisan, (3) Efektif dilihat dari hasil perhitungan nilai N-Gain tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan rata-rata N-Gain 75,67% berada pada kategori efektif. Kata Kunci : LKPD, Penelitian Pengembangan, PBL

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21290

Actions (login required)

View Item View Item