Aswindra, Verti and Dewi, Rahimah and Ringki, Agustinsa (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN LANGKAH POLYA DAN HUBUNGANNYA DENGAN SELF-EFFICACY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi_Verti Aswindra_A1C019019_Pendidikan Matematika - Verti Aswindra.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis, mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah Polya dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self-efficacy. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu 29 orang siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, angket self-efficacy dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan antara self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis. 2) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi memenuhi keempat indikator Polya; Siswa kategori sedang sudah melakukan empat tahapan Polya namun belum maksimal pada indikator merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana. Siswa dengan kategori rendah mampu memahami masalah, melaksanakan rencana namun belum tepat dan tidak melakukan tahapan merencanakan penyelesaian dan memeriksa kembali. 3) Siswa dengan self-efficacy tinggi dan pemecahan masalah matematis tinggi cenderung tangguh atau tidak mudah menyerah; siswa dengan self-efficacy tinggi dan pemecahan masalah matematis sedang cenderung lebih berani menghadapi tantangan; siswa dengan self-efficacy sedang dan berkemampuan pemecahan masalah matematis tinggi cenderung lebih yakin akan keberhasilan dirinya dan berani menghadapi tantangan; siswa dengan self-efficacy sedang dan pemecahan masalah matematis sedang cenderung menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya dan tangguh atau tidak mudah menyerah; siswa dengan self�efficacy sedang dan pemecahan masalah matematis rendah cenderung mampu berinteraksi dengan orang lain; siswa dengan self-efficay rendah dan pemecahan masalah matematis sedang cenderung tidak mampu mengatasi masalah yang dihadapi. Kata Kunci : Self-Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Langkah Polya
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:58 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:58 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21293 |
Actions (login required)
View Item |