PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 07 KOTA BENGKULU

Hasanah, Uswatun and Nani, Yuliantini and Resnani, Resnani (2023) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI-USWATUN HASANAH-A1G018064-PGSD - Uswatun Hasanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media PPT, untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran tematik, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 07 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai (mean) dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan penerapan model NHT berbantuan media PPT. Hal tersebut dibuktikan dari hasil skor aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata skor 31,5 (kategori baik) dan siklus II meningkat menjadi 43,5 (kategori sangat baik). Hasil skor aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata skor 31,5 (kategori baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 43,5 (kategori sangat baik). Hasil tes evaluasi pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,42 dengan ketuntasan klasikal 64,28%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81 dan ketuntasan klasikal 85,71%. Muatan pelajaran IPA pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,85 dengan ketuntasan klasikal 64,28%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 80 dan ketuntasan klasikal 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model NHT berbantuan media PPT dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas V SDN 07 Kota Bengkulu. Kata kunci : NHT, Media PPT, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:58
Last Modified: 10 Sep 2024 08:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21302

Actions (login required)

View Item View Item