PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU

Wahyuni, Sri and Feri, Noperman and Bambang, Parmadie (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SRI WAHYUNI_A1G018024_SKRIPSI PGSD - Sry Wahyuni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Youtube terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V SD Negeri Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Eksperimen) dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Kecamatan Teluk Segara yang terakriditasi A. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis nilai posttest menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan nilai pada mata pelajaran IPA thitung (4,14) > ttabel (2,01) dan pada mata pelajaran bahasa Indonesia thitung (4,60) > (2,01). Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka h0 ditolak dan ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Youtube terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Kata Kunci: Media Youtube, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:58
Last Modified: 10 Sep 2024 08:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21305

Actions (login required)

View Item View Item