PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 44 BENGKULU SELATAN

Santika, Rani and Sridadi, Sridadi and Feri, Noperman (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 44 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Syarat Universitas Rani-compressed-compressed_compressed_compressed - Rani santika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui penerapan model TGT berbantuan alat peraga. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Selatanyang berjumlah 12 orang siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data hasil observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian:keterlaksanaan model pada siklus I 62,5 dengan kategori B (baik), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dan berada pada angka 77 dengan kategori sangat baik (SB).Hasil belajar siswa khususnya pada aspek kognitif. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yaitu 77 dengan kriteria cukup (C) dan ketuntasan belajar klasikal 75% dengan kriteria cukup (C), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi nilai rata-rata 87,5 dengan kriteria baik (B) dan ketuntasan belajar klasikal 92% dengan kriteria baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Alat Peraga, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:59
Last Modified: 10 Sep 2024 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21307

Actions (login required)

View Item View Item