PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 38 KOTA BENGKULU

Sipayung, Theresia I. and Sri, Dadi and Herman, Lusa (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 38 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
THERESIA I. SIPAYUNG_A1G018058_SKRIPSI_PGSD - Theresia Sipayung.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model Kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa kelas V SDN 38 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK, dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V SDN 38 Kota Bengkulu yang terdiri dari 28 siswa. Lembar penelitian ini berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data observasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan deskriptif kualitatif, data observasi hasil belajar siswa dianalisis menggunakan rumus rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase belajar klasikal. Hasil belajar siswa aspek sikap siklus I yaitu 5,30 kategori baik meningkat pada siklus II yaitu 6,76 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I mapel Bahasa Indonesia diperoleh nilai rata-rata 75,89 dengan ketuntasan klasikal 71,42% meningkat pada siklus II yaitu 93,39 dengan ketuntasan klasikal 96,42%. Mapel PPKn diperoleh nilai rata-rata 73,75 dengan ketuntasan klasikal 67,85% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 92,14 dan ketuntasan klasikal 92,85%. Hasil belajar siswa aspek keterampilan siklus I yaitu 5,26 dengan kategori baik meningkat pada siklus II yaitu 7,01 dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 38 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Model Pembelajaran, TGT, Hasil Belajar, Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:59
Last Modified: 10 Sep 2024 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21308

Actions (login required)

View Item View Item