ANALISIS KINERJA KEUANGAN UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PERUSAHAAN (Studi Kasus:PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang Listed di Bursa Efek Jakarta)

TANAWI, RIKA and Iskandar , Zulkarnain (2006) ANALISIS KINERJA KEUANGAN UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PERUSAHAAN (Studi Kasus:PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang Listed di Bursa Efek Jakarta). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-RIK-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (566kB)
[img] Text
IV,V-RIK-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (566kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan pola hidup masyarakat yang modern dalam memilih makanan yang serba instan, maka PT. Indofood Sukses Makmur mengelola industri makanan olahan yang siap dikonsumsi. Produk yang dihasilkan yaitu Mi instan, Tepung terigu, Minyak goreng dan Minyak Nabati, Bumbu penyedap makanan, dan Makanan ringan. Persaingan yang terjadi antar usaha yang sejenis membuat perusahaan mencari strategi yang dapat meningkatkan investasi perkembangan produk-produk inovatif. PT. Indofood Sukses Makmur juga memerlukan penilaian terhadap kinerja keuangan guna mengetahui strategi keuangan ditahun yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dan mengevaluasi strategi keuangan PT. Indofood Sukses Makmur dengan menggunakan analisis SWOT. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan riset lapangan yaitu data yang diperoleh dari laporan tahunan PT. Indofood Sukses Makmur, ICMD periode 1998-2002, BEJ, JSX Statistik, Prospektus, dan Sumber lain yang diperlukan dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah neraca dan laporan rugi laba PT. Indofood Sukses Makmur periode 1998-2002. Dari hasil penelitian dengan menggunakan alat analisis rasio keuangan yaitu DER, ROA, ROE, NPM, EPS, DPR, dan PER; Analisis IFAS dan EFAS; Matriks SWOT maka dapat disimpulkan bahwa PT. Indofood Sukses Makmur menggunakan strategi ST ditahun 2003 yaitu pada Kuadran III, dimana di tahun 2003 PT. Indofood Sukses Makmur akan menghadapi pesaing-pesaing baru dibidang industri makanan olahan yang memiliki pabrik dengan teknologi yang lebih modern. Untuk mengatasi ancaman tersebut PT. Indofood Sukses Makmur berusaha meningkatkan modal sendiri untuk investasi pada pengembangan produk-produk inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 28 Nov 2013 13:19
Last Modified: 28 Nov 2013 13:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item View Item