PENGEMBANGAN SOAL EVALUASI BERBASIS HIGH OTHER THINKING SKILLS (HOTS) DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SD

BIHASTI, KASRAH and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN SOAL EVALUASI BERBASIS HIGH OTHER THINKING SKILLS (HOTS) DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
KASRAH PERPUSTAKAAN UNIB - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan soal evaluasi berbasis HOTS dan keterampilan berpikri kritis pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD yang valid dan reliabel. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan Analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal evaluasi berbasis HOTS dan keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan berupa 8 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dinyatakan valid secara teoritis berdasarkan penilaian tim ahli. Secara empiris soal evaluasi berbasis HOTS dan keterampilan berpikir kritis memilki validitas 0,475 kategori cukup baik; reliabiltas 0,895 kategori sangat baik; daya pembeda 0,510 kategori baik; tingkat kesukaran 0,576 kategori baik. Pada soal uraian validitas adalah 0,718 kategori cukup baik, reliabiltas 0,709 kategori baik, daya pembeda 0,808 kategori sangat baik, dan tingkat kesukaran soal adalah 0,645 kategori sedang. Profil hasil belajar siswa menggunakan soal evaluasi berbasis HOTS dan keterampilan berpikir kritis, diperoleh soal level C4 rata-rata 22,92, soal level C5 rata-rata 34,58, dan soal level C6 rata-rata 8,75. Nilai yang diperoleh pada indikator berpikir kritis yaitu indikator mengidentifikasi masalah rat-rata 22,5, indikator mengumpulkan informasi yang relevan rata-rata9,63, indikator menyusun sejumlah alternatif pemecahan masalah rata-rata 9,58, indikator mengungkapkan pendapat rata-rata 24,17, indikator membuat kesimpulan rata-rata 17,79, dan indikator mengevaluasi argumen rata-rata13,12. Kata kunci : soal evaluasi, HOTS, berpikir kritis, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:32
Last Modified: 12 Sep 2024 07:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21430

Actions (login required)

View Item View Item