PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT KEPAHIANG “ASAL MULA LUBUK LEBAR” BERBASIS CERGAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENGUATAN i LITERASI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 09 KEPAHIANG.

Nadiar, Nadiar and Abdul, Muktadir and bambang, pemadi (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT KEPAHIANG “ASAL MULA LUBUK LEBAR” BERBASIS CERGAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENGUATAN i LITERASI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 09 KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
NADIA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB_compressed 3 - Nadia Nadia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan, mendeskripsikan tingkat kelayakan, mengetahui respon pengguna dan mengetahui efektivitas bahan Bahan Ajar Cerita Rakyat Kepahiang “Asal Mula Lubuk Lebar” Berbasis Cergam Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penguatan Literasi Peserta Didik Kelas IV SDN 09 Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Reseacrh and development). Model penelitian dalam pengembangan bahan ajar adalah model ADDIE. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrument berupa wawancara, angket analisis kebutuhan, soal, lembar validasi ahli dan angket respon pengguna. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bahan ajar yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam muatan Bahasa Indonesia kelas IV. Hasil validasi ahli 0,95 dari validasi ahli materi dan 0,94 dari validasi ahli desain, serta 0,96 dari validasi ahli bahasa. Respon pengguna sangat baik karena hasil analisis angket guru kelas IV menunjukkan persentase 95% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk respon dari peserta didik memperoleh presentase 95,4% dengan kriteria sangat baik. Bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan literasi bacatulis peserta didik kelas IV SD Negeri 09 Kepahiang. Hal ini berdasarkan hasil perolehan nilai rata-rata 80,5 dengan presertasi ketuntasan adalah 83%. Kata Kunci: Bahan ajar cerita rakyat, Cergam, Literasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:34
Last Modified: 12 Sep 2024 07:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21439

Actions (login required)

View Item View Item