PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V (LIMA) SEKOLAH DASAR

FATHONAH PUTRI, NURAINI and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V (LIMA) SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
NURAINI FATHONAH PUTRI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Nuraini Fathonah Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini mengembangkan LKPD dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, respon guru dan peserta didik serta keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 16 Kota Bengkulu. Metode yang dipakai yaitu metode Research and Development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas V.C dan V.D yang masing-masing berjumlah 30 orang dan objek penelitian yaitu sebuah produk LKPD dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Instrumen penelitian yang digunakan berupa analisis kebutuhan, wawancara, angket, dan rubrik keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kelayakan logis dan empiris serta memenuhi syarat untuk digunakan pada pembelajaran. Hal ini berdasarkan dari hasil validasi materi sebesar 90%, validasi bahasa 82% dan validasi desain 80%. Untuk respon peserta didik menunjukkan respon yang positif terhadap LKPD yang dikembangkan. Serta cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia hal ini terlihat dari hasil nilai signifikansi (2-tailed) pada uji statistik non parametrik yaitu 0,000 dan nilai N-Gain Score 58,24%. Nilai yang ditunjukkan di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada di kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia cukup efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V (lima) Sekolah Dasar. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekeatan Saintifik, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:35
Last Modified: 12 Sep 2024 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item View Item