PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS CERITA RAKYAT BENGKULU SEBAGAI PENGUATAN LITERASI BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

AGIUSTORA, OGY and Abdul, Muktadir and BAMBANG, PARMADI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS CERITA RAKYAT BENGKULU SEBAGAI PENGUATAN LITERASI BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (TESIS)
OGY AGIUSTORA PERPUSTAKAAN UNIB - Ogy Agiustora.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar komik berbasis cerita rakyat Bengkulu sebagai penguatan literasi budaya Peserta Didik IV sekolah dasar. Jenis dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan, angket respon dan tes. Instrumen penelitian menggunakan instrumen analisis kebutuhan, instrumen validasi ahli, instrumen uji coba produk, insrumen uji efektifitas produk. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara analisis data kevalidan ahli, kesepakatan rater/peneliti, pembakuan instrumen, deskripsi profil hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar komik berbasis cerita rakyat Bengkulu sebagai penguatan literasi budaya yang dikembangkan menurut validator ahli materi, validator bahasa dan validator desain dinyatakan layak untuk digunakan. Dari hasil posttest peserta didik kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu diketahui bahwa penggunaan bahan ajar komik berbasis cerita rakyat Bengkulu memberikan dampak positif kepada peserta didik terhadap penguatan literasi budaya. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Komik, Cerita Rakyat, Literasi Buday

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:32
Last Modified: 12 Sep 2024 07:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21442

Actions (login required)

View Item View Item