PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA DIORMA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA

firiani, lofera and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA DIORMA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS FULL LOFERA-dikompresi (1) - Lofera Firiani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki pada perkembangan Abad ke 21 adalah keterampilan berpikir kritis. Untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis maka diperlukan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media diorama terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA SD. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sementara desain penelitian dari penelitian ini menggunakan Quasi- Eksperimen. Data keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes yang terdiri dari sepuluh soal pilihan ganda dan lima soal uraian yang telah divalidası. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji Pair Sample T-Test dan Uji Independent Sample T-Test untuk dimensi kemampuan berpikir kritis mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi relevan, membuat pemecahan masalah dan membuat kesimpulan diperoleh Sig (2-tailed) 0,000<0,05. Sementara untuk uji N-Gain dimensi kemampuan mengidentifikası masalah sebesar 49% pada kategori sedang, dimensi kemampuan mengumpulkan berbagai informasi relevan sebesar 44% pada kategori sedang, dimensi kemampuan membuat pemecahan masalah sebesar 39% pada kategori sedang, dan dimensi kemampuan membuat kesimpulan sebesar 41% pada kategon sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan diorama dapat meningkatkan keampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA Kelas V Kata Kunci: Model CTL berbantuan Diorama, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:45
Last Modified: 12 Sep 2024 07:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21455

Actions (login required)

View Item View Item